Format Raport SMP dan Petunjuk Pengisian sesuai Pedoman Penilaian dari Kemdikbud

Format Raport SMP dan Petunjuk Pengisian sesuai Pedoman Penilaian dari Kemdikbud

Format Raport bisa anda lihat di halaman 55 dan 56, Petujuk Pengisian Raport SMP bisa anda lihat pada halaman 57 dokumen ini.

Rapor merupakan ringkasan hasil penilaian terhadap seluruh aktivitas pembelajaran yang dilakukan siswa dalam kurun waktu tertentu. Rapor dipergunakan selama siswa yang bersangkutan mengikuti seluruh program pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama tersebut. Berikut ini petunjuk untuk mengisi rapor:

Identitas Sekolah diisi dengan data yang sesuai dengan keberadaan Sekolah Menengah Pertama.
Keterangan tentang Diri Siswa diisi lengkap.

Rapor dilengkapi dengan pas foto berwarna (3 x 4) dan pengisiannya dilakukan oleh Wali Kelas.

Deskripsi sikap spiritual dan sikap sosial diambil dari catatan (jurnal) perkembangan sikap siswa yang ditulis oleh guru mata pelajaran, guru BK, dan wali kelas.

Deskripsi sikap menggunakan kalimat yang bersifat memotivasi dengan pilihan kata/frasa yang bernada positif. Deskripsi sikap menyebutkan perkembangan sikap/perilaku siswa yang sangat baik dan/atau baik dan yang mulai/sedang berkembang. HINDARI frasa yang bermakna kontras, misalnya: ... tetapi masih perlu peningkatan dalam ... atau ... namun masih perlu bimbingan dalam hal ....

Ketuntasan belajar minimal diisi dengan nilai KBM yang ditetapkan oleh sekolah.

Capaian siswa dalam pengetahuan dan keterampilan ditulis dalam bentuk angka, predikat, dan deskripsi untuk masing-masing mata pelajaran.

Deskripsi  capaian  ranah  pengetahuan  dan  keterampilan  menggunakan  kalimat  yang bersifat memotivasi dengan pilihan kata/frasa yang bernada positif. Deskripsi berisi pengetahuan dan keterampilan yang sangat baik dan/atau baik dikuasai dan yang penguasaannya meningkat atau mulai berkembang. HINDARI frasa yang bermakna kontras, misalnya: ... tetapi masih perlu peningkatan dalam ... atau ... namun masih perlu bimbingan dalam hal ....

Laporan ekstrakurikuler diisi dengan nama dan nilai kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti oleh siswa.

Saran-saran diisi dengan hal-hal yang perlu mendapatkan perhatian siswa.

Prestasi diisi dengan jenis prestasi siswa yang diraih dalam bidang akademik dan non- akademik.

Ketidakhadiran ditulis dengan data akumulasi ketidakhadiran siswa karena sakit, izin, atau tanpa keterangan selama satu semester.
File Preview:
Format Raport SMP dan Petunjuk Pengisian sesuai Pedoman Penilaian dari Kemdikbud

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dupak Perawat dan Jabatan Fungsional Kesehatan Lainnya Format Microsoft Excel

File Terbaru